RSS

MPASI Pertama Ku

Masa-masa ASIX berlalu sekarang ribet dengan MPASI, setelah browsing-browsing dan siap-siap beli perabotan MPASI nan rempong.. Akhirnya kmrn tanggal 6 April 2013, Imam mulai MPASI pertamanya. Tanggal 6 April tuh sebenarnya Imam masih 6 bulan kurang 2 hari, tapi dicoba aja karena kan pas weekend dan katanya ngitung saat awal MPASI itu bukan 6 bulan tapi 180 hari, dan tgl 6 itu Imam pas 180 hari.
Saya maunya Imam MPASI dengan makanan buatan sendiri bukan makanan instan, yang dibuat dengan penuh cinta sama Ibunya.. (halaaaah..)
Pertama sih milih mau metode MPASI apa, jadi berdasarkan hasil baca-baca ada beberapa metode yang bisa digunain.
1. Food Combining (FC)
metode ini baca dari bukunya Wied Harry yang judulnya Variasi Makanan Sehat Bayi, menurut pendapatnya pak Wied yang aku tangkep bayi itu diperkenalkan dengan berbagai macam makanan secara bertahap. Awal MPASI sebaiknya bayi diperkenalkan dengan buah seperti alpukat, pepaya, pisang, apel dan pir karena buah lebih mudah dicerna oleh bayi (klo ga salah buah itu mengandung enzim pencerna). Setelah itu di usia 7 bulan baru diperkenalkan dengan karbo seperti nasi, ubi, kentang, labu plus sayur mayur. Di usia 8 bulan baru diperkenalkan dengan protein hewani.
2. WHO
klo menurut WHO itu, bayi sudah bisa diperkenalkan pada aneka karbo; sayuran; protein nabati; protein hewani dan buah sejak awal MPASI
3. Baby Led-Weaning (BLW)
Klo BLW ini bayi dibiarkan makan dan pilih sendiri apa yang dia mau makan dan bayi tidak perlu melalui tahapan makanan dengan konsistensi lembut, seperti puree buah/ bubur ASI. Menurut saya metode ini seru karena membiarkan si anak megang sendiri makanannya dan berusaha memasukkan ke mulutnya sendiri, melatih si anak belajar mandiri juga. Tapi sya tdiak cukup pede buat mempraktekan metode ini karena pasti orang rumah pada ga setuju. Salah satu artikel tentang BLW bisa liat disini.

Rencana awal mau nya pake metode FC, tapi setelah pelaksaan jatuhnya jadi metode suka-suka.
Hari Jumat pulang kantor mampir ke Superindo cari buah buat makan Imam besok, niatnya sih beli alpukat tapi jelek-jelek alpukatnya. Terus liat kabocha orange yang penampilannya cukup menggiurkan, akhirnya beli kabocha plus jeruk baby pacitan 7 biji. Berharap Imam bakal suka.
Ekspresi Makan Pertama

Hari pertama -pagi
Bahan: Kabocha, ASIP
Peralatan: Pigeon Baby Food Maker, Panci
Cara: Potong-potong kabocha nya, terus rebus (ga punya kukusan jadi di rebus), abis itu di tumbuk dan disaring. Tambahin ASIP.
Hasil: Imam ga doyan.. sibuk ber "iyeee.. iyeeee..." hehe..lucu banget ekspresi mukanya.
Hari pertama -siang
Bahan: Jeruk Baby Pacitan
Peralatan: Peresan jeruk, pigeon mag2
Cara: Peres jeruk masukin ke mag2 nya.
Hasil: Imam suka, abis kurleb 80 ml, walopun tetep dengan ekspresi aneh
Hari kedua-pagi
Iseng cobain kabocha lagi tapi ditambah air jeruk bukan ASIP. Hasilnya Imam tetep ga doyan :(
Hari kedua-siang
Bahan: Alpukat (akhirnya dapet juga alpukat walopun kondisinya ga begitu bagus), ASIP
Peralatan: Pigeon Baby Food Maker
Cara: Alpukat dikerok, terus langsung saring, dan dicampur ASI.
Hasil: Imam sukaaaa, dia buka mulutnya, dirasa-rasa, terus ditelen, waaah seneng bgt...
Hari ketiga dan keempat
Bahan: Kabocha, Pisang Ambon
Peralatan: Pigeon Baby Food Maker, panci
Cara: bubur kabocha nya dicampur kerokan pisang
Hasil: Imam suka dan abis katanya.. yeeee....

0 comments:

Post a Comment