RSS

ASI Eksklusif



Horeee.. akhirnya Imam lulus S1 ASIX…
Tabungan per 14-3-2013

Ga nyangka bisa juga lulus ASIX, waktu awal-awal memulai masa menyusui rasanya beraaaaaaaaaat bgt. Saya merasa menyusui itu jauh lebih berat dari hamil dan melahirkan. Hari-hari pertama di rumah sakit, ASI belom keluar tapi masih pede karena katanya kan ASI memang belom kluar banyak pas awal. Seminggu pertama puting mulai berasa perih dan lecet, sakit bgt klo pas disusuin. Imam juga belom bisa latch on dengan benar, jadi baru selesai disusuin dia dah nangis minta nyusu lagi. Karena Imam nangis melulu, bentar-bentar minta susu akhirnya saya pumpa ASI nya terus diminumin pake botol. Klo pake cara gini, Imam anteng ga nangis melulu. Tapi akhirnya dia jadi bingung puting, klo disusuin langsung seringnya berontak. Huaaa, langsung down bgt ngebayangin klo harus ngejalanin exclusive pumping (e-ping), kebayang repot dan malesnya terus-terusan cuci steril botol dan pompa. Waktu itu udah berasa pengen nyerah aja, kayanya ga sanggup deh klo harus ngasih ASI Eksklusif selama 6 bulan.

Pencerahan datang  pas lagi kontrol ke dokter anak,  sama dokternya dikasih tau posisi lactch on yang bener (pas hamil lupa belajar posisi menyusui yang bener). Jadi waktu itu langsung disuruh praktek nyusuin, mulai dari posisi duduk, cara megang bayinya, dan posisi mulut bayi saat nyusu. Dari situ baru mulai berasa enak klo pas nyusuin, lecet nya juga mulai berkurang. 

Masalah belom selesai tapinya, setelah posisi oke, tapi koq Imam klo nyusu lama bgt y.. Bisa sejam baru selesai dan ga lama udah mo nyusu lagi. Ini juga rasanya capeeek bgt dan lagi-lagi bikin semangat turun. Dan cerita lagi sama DSAnya Imam pas kontrol, klo Imam itu nyusunya lama, kaya ngempeng, baru bentar nyusu dah minta nyusu lagi. Ama dokternya langsung diliat mulutnya dan diperiksa lidahnya, trus dia bilang Imam itu tounge tie (tali lidah pendek). Waduh apalagi itu??? Kata dokternya itu yang bikin Imam kesulitan minum langsung dari payudara. Solusinya tali lidahnya dipotong dikit, kata dokternya sih cuma bedah kecil tapi di observasi dulu, diliat BB anaknya naik apa engga. Klo BBnya masih di grafik normal ga perlu di lakukan tindakan apapun. Tapi karena belom pernah denger yang namanya tounge tie, saya panik dan langsung browsing sana sini. Sedikit tenang karena tounge tie ga seserem yang dibayangin. Salah satu artikel yang bahas tounge tie tuh disini dan disini. Jadi ciri-cirinya Imam yang bikin dia terindikasi tounge tie selain diagnosa dokter itu, diantaranya waktu menyusui yang lama seperti mengempeng, lidah berdecak saat menyusu, puting lecet, nyeri pada payudara, plugged duct ( terdapat seperti jerawat kecil berwarna putih pada ujung puting).
2 minggu dari kontrol terakhir, nyusunya masih dikisaran satu jam per sesi, dan masih dikit-dikit nyusu. Hiks..hiks.. udah mau nyerah, tp koq ya ga tega juga klo tali lidahnya Imam harus dipotong. Semangat naik turun terus plus nangis-nangis lah pokoknya. Waktu kontrol ke dokter 2 minggu berikutnya BB nya Imam naik normal jadi ga perlu di lakukan tindakan apa-apa. Alhamdulillah bgt..
Dari situ, Imam nyusunya mulai ga terlalu lama, ga nyampe sejam walopun masih dikit-dikit nyusu. Mo mulai mompa nabung ASI jadi susah bgt, karena dia dikit-dikit nyusu. Mana tinggal sebulan lagi masuk kantor, akhirnya berusaha tetep semangat dan usahain minimal sehari mompa dapet 1 botol. Alhamdulillah awal masuk kerja punya stok 35 botol ASIP.
Hari pertama pumping dikantor cuma dapet 4 botol @100 ml, trus nelpon kerumah klo Imam dah abis 3 botol  jam 1 siang, langsung panik, karena hasil 2 kali pompa baru dapet 3 botol. Bisa defisit klo kaya gini ceritanya.. Pagi pumping sekali dapet 100 ml, dikantor 3 kali pumping dapet 400 ml. Tapi akhirnya pasrah aja. Besok-besoknya Imam sehari minum 5 botol, penghasilan juga pas 5 botol, Sabtu Minggu sempet2in mompa dapet 1-2 botol. Akhirnya 2 bulan masuk kerja tabungan di kulkas udah ada 60 botol. Yipppieee.. ga nyangka banget tabungan bisa nambah walopun ga banyak.
Alhamdulillah sekarang Imam dah 6 bulan dan berhasil ASIX walopun di awal-awal semangatnya sempet naik turun dan ga yakin bisa. Tapi semua terlewati juga.. 
This is it my certificate... (iseng donlot n edit dari AIMI)



2 comments:

Undangan Piska dan Diah said...

kenzie jg ada tongue tie,, ketuna pas 1,5 bulan,, akhirnya pas setelah bolak balik konsutrasi, dy insisi,,, tp abs itu normal,,, micunya ga kya dlu,, cuma ttp belum bisa stok asi krn setiap hari hasil pumpingku habis ,,haha,,dkantor 3 kali pumping cuma bhasil maks150 ml aj,,jd pasrah aj,, yg pentng sehat

Rizky Kurniani said...

iya mba, tetep semangat pumping.. temenku sukses koq kejar tayang sampe setahun. :)

Post a Comment